Kastara.ID, Jakarta – Sebagai bagian dari dukungannya terhadap kerja sama Tiongkok – ASEAN, PT Pertamina (Persero) membawa produk-produk unggulan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pada Paviliun Indonesia di China ASEAN Expo (CAEXPO) ke-20, di Nanning, Tiongkok. Keikutsertaan UMK binaan Pertamina ini menunjukkan komitmen untuk mengembangkan UKM Indonesia supaya dapat Go Global masuk ke pasar ekspor.

10 UKM terpilih menampilkan lebih dari 70 produk khas Indonesia berkualitas dan ramah lingkungan. Mengusung tema “Asli Indonesia, Asli Kerennya”, Pertamina membawa Mitra Binaan terbaik dari seluruh Indonesia yakni  Woodeco, Move Leather, Bali Ayu, D’ethnick Mutiara Lombok, Indang Apang Gallery, Ethneeq, Akar Dewa Jati, Logok Kreatif, Bahalap, dan Pesona Handicraft Indonesia. Selain berkesempatan menampilkan dan memasarkan produk terbaiknya kepada para pengunjung, Pertamina juga memfasilitasi peluang kerja sama dari pasar Asia ke para UKM ini.

Wakil Presiden Indonesia Ma’ruf Amin yang hadir pada pameran tersebut, berharap produk Indonesia semakin dikenal dunia internasional dan dapat terjalin kerja sama berkelanjutan, sehingga dapat membuka akses pasar internasional. “Ini merupakan satu bukti bahwa CAEXPO sebagai kolaborasi promosi perdagangan untuk terus membawa hasil konkret dan positif bagi pebisnis Indonesia, ASEAN, dan Tiongkok,” ungkap Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

China ASEAN Expo di Paviliun City of Charm Indonesia  atau “Paviliun Komoditas Indonesia”, dibuka oleh Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin, pada Ahad (17/9) waktu setempat, di Exhibition Hall D Nanning International. Acara ini juga dihadiri oleh Zhou Jiabin, Wakil Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Guangxi Zhuang Daerah Otonomi. Perwakilan Indonesia sebagai Country of Honor Caexpo 2023 yakni Duta Besar RI untuk Tiongkok, Djauhari Oratmangun, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Didi Sumedi, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo serta Ketua Dekranasda Kalimantan Tengah, Yulastri Ivo.

Forum tersebut menggelar beragam agenda, salah satunya promotion conference, di mana Pertamina berkesempatan mempresentasikan produk unggulan Rumah BUMN (RB) Palangkaraya dan Seruyan. Seperti Indang Apang Galeri, salah satu UMKM RB yang menjadikan rotan sebagai bahan baku utama, yang berharap dapat menjadikan olahan rotan sebagai trendsetter fashion, sehingga pada akhirnya berdampak positif bagi perekonomian masyarakat lokal.

VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menyambut baik keterlibatan UMK di China ASEAN Expo 2023. Selain membangun pasar internasional, pelaku UMK berpotensi menjalin kerja sama bisnis dengan mitra potensial.

“Pertamina melihat potensi dan peluang UKM untuk go internasional sangat besar, sehingga kesempatan UKM untuk masuk ke pasar ekspor terbuka lebar. Produk kreatif karya anak bangsa dapat bersaing dengan produk di lingkup regional maupun internasional, karena memiliki kualitas yang tidak kalah,” ujar Fadjar.

Pameran internasional merupakan salah satu langkah konkret Pertamina mewujudkan kemajuan UKM binaannya, seperti CAEXPO. Program peningkatan UKM ini juga menjadi komitmen Pertamina dalam mendukung implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Indonesia dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs) sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasional Pertamina.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina. (mar)