Soto Betawi

Kastara.ID, Jakarta – Kuahnya yang kental dan mengandung rasa pedas asam, membuat Soto Betawi Warung Rafly menjadi salah santapan terenak yang bisa Anda jumpai di kawasan Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Nuraini (50), pemilik warung mengatakan, secara keseluruhan bahan-bahan membuat soto Betawi ini sama dengan bahan membuat soto pada umumnya.

Misalnya daging sapi, santan kelapa, kentang, tomat, daun bawang, garam, merica, jeruk nipis, dan sedikit dicampur bumbu penyedap, emping, dan bahan-bahan lainnya.

Bedanya terletak pada kuahnya yang kental serta proses pembuatannya yang memakan waktu tidak sebentar.

Kuah kental tersebut dibuat dari kelapa yang agak tua dan diolah dengan sedikit air serta dicampur rempah-rempah.

“Proses pengeloahannya memang lama, tapi dagingnya lebih empuk, rempahnya lebih terasa dan kuahnya lebih kental dan pembeli lebih puas,” ujar Nuraini, Ahad (20/10).

Dijelaskan Nuraini, soto Betawi yang dijual harganya masih bersahabat dengan kantong, yakni Rp 20 ribu per porsi.

Pemilik warung yang juga warga asli Betawi dan tinggal di Jl Perikanan, RT 03/08, Kelurahan Srengseng, Jagakarsa ini, kurang lebih sudah 15 tahun berjualan soto Betawi di kawasan Setu Babakan.

“Saya yakin, meski sekarang banyak kuliner baru, santapan nusantara seperti soto Betawi ini masih memiliki banyak peminat,” tandasnya. (hop)