TPST Bantar Gebang

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyiapkan jalur khusus untuk pembuangan sampah banjir. Jalur khusus itu disiapkan di kawasan TPST Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat.

Menurut Kepala Dinas LH DKI Asep Kuswanto, pembuatan jalur khusus armada pengangkut sampah banjir ini dilakukan agar tidak terjadi antrean saat membuang sampah di TPST Bantar Gebang. Saat sampah sudah dibuang, armada cepat kembali ke Jakarta untuk membantu situasi kegawatdaruratan lainnya.

“Untuk sampah yang diambil dari daerah terdampak banjir akan dibuatkan jalur khusus di TPST Bantar Gebang. Akses keluar masuk armadanya tidak menyatu dengan armada yang reguler,” kata Asep (19/10).

Diharapkan jalur khusus ini membuat proses pengangkutan sampah banjir bisa lebih cepat. Sehingga tidak terjadi penumpukan sampah di wilayah terdampak banjir.

“Kalau memang terjadi banjir, tentu banyak sampahnya. Armada sampah kita akan lebih dipercepat. Sehingga perlu jalur khusus di TPST Bantar Gebang,” lanjut Asep.

Disebutkan Asep, saat ini pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Pemkot Bekasi. Perjanjian kerja sama Pemprov DKI dengan Pemkot Bekasi terkait TPST Bantar Gebang ini juga sudah disiapkan draftnya.

“Diharapkan sebelum 26 Oktober ini perjanjian kerja sama ini sudah ditandatangani secara resmi oleh Gubernur DKI dan Wali Kota Bekasi,” tandasnya. (hop)