Proklim Cibubur

Kastara.ID, Jakarta – Program Kampung Iklim (Proklim) RW 05 Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur, berhasil meraih tropi utama Lomba Kampung Proklim tingkat nasional 2021.

Pemberian penghargaan berupa piagam dan trofi utama dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom meeting (19/10).

Camat Ciracas, Mamad, mengapresiasi kinerja pengurus RW 05 Cibubur yang telah membawa wilayahnya di kancah nasional. Menurutnya, perolehan trofi utama ini menambah deretan penghargaan yang diraih Pemkot Jakarta Timur dalam berbagai lomba di tingkat nasional.

“Alhamdulillah RW 05 Cibubur meraih juara umum dalam lomba Proklim 2021 tingkat nasional. Ini berkat kerja keras dari semua tim dan bimbingan dari Pak Wali Kota, kita berhasil meraih juara umum lomba Proklim ini,” papar Mamad.

Mamad meminta program kampung iklim ini dijadikan sebagai suatu budaya masyarakat dalam melakukan program penghijauan di lingkungannya. Yakni dengan bercocok tanam aneka jenis tanaman, baik tanaman hias, sayur mayur, tanaman obat keluarga, tanaman pelindung serta tanaman produktif lainnya.

“Dengan menjadikan program kampung iklim sebagai budaya maka lingkungan akan tetap hijau, asri dan nyaman bagi warga itu sendiri. Bahkan bisa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tegas Mamad.

Disebutkan, program kampung iklim ini bukan sekadar lomba, namun bisa menjadi ajang edukasi bagi masyarakat agar turut berperan dalam menghijaukan lingkungannya.

“Ini sekaligus motivasi bagi wilayah lain agar bisa mengikuti jejak RW 05 Cibubur dalam menghijaukan kampungnya,” tandas Mamad. (hop)