Mahfud MD

Kastara.ID, Jakarta – Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobieva bertemu Menteri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkopolhukam) di Jakarta, Jumat (20/12).

Sejauh ini, belum diketahui pasti agenda pertemuan itu. Namun sejumlah informasi di lingkungan Kemenkopolhukam menduga Lyudmila bertemu Mahfud untuk membahas soal dugaan intervensi dari beberapa negara terhadap Indonesia karena berencana membeli 11 pesawat jet tempur Sukhoi Su-35 buatan Rusia.

Rusia mengatakan, sejumlah negara tak menyukai rencana Indonesia membeli 11 jet tempur Sukhoi Su-35. Wakil Duta Besar Rusia di Jakarta, Oleg V Kopylov menuturkan beberapa negara itu bahkan mencoba mengancam agar Indonesia tak jadi membeli Sukhoi Su-35.

Rencana Indonesia membeli 11 Su-35 ini sudah berlangsung sejak sekitar dua tahun terakhir. Sejumlah pihak menuturkan jet-jet tersebut seharusnya tiba di Indonesia pada 2019. Namun hingga kini belum ada kepastian dari pemerintah Indonesia apakah pembelian belasan pesawat itu dilanjutkan.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan telah menyatakan Indonesia tidak bisa diintervensi oleh negara manapun dalam mengambil keputusan terkait dengan pertahanan. (ant)