Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Heru Suwondo mengatakan, pihaknya menunjukkan langkah proaktif dalam menghadapi musim penghujan dengan disiagakannya ratusan petugas beserta peralatan, serta operasional armada yang dipastikan prima.

“Kami berupaya untuk memberikan perlindungan yang lebih baik bagi masyarakat Jakarta serta infrastruktur kota,” ungkap Heru, saat memimpin Apel Kesiapsiagaan dalam Menghadapi Musim Penghujan di Unit Peralatan dan Perbekalan Bina Marga, Jalan D.I. Panjaitan, Jakarta Timur (19/12).

Heru menyampaikan, apel yang diikuti 150 personel ini menunjukkan komitmen kuat dan kesiapsiagaan Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta menghadapi potensi terjadinya bencana.

Pada kesempatan itu, Heru menginstruksikan jajarannya supaya melakukan pembersihan di mulut dan tali air secara rutin agar air yang ada di jalan bisa masuk ke dalam drainase, sehingga tidak terjadi genangan.

“Tujuan dari apel siaga ini adalah mempersiapkan satgas Dinas Bina Marga di lima wilayah dalam menghadapi musim penghujan. Untuk masyarakat kami berharap kerjasamanya agar tidak membuang sampah sembarangan supaya saluran pembuangan air tidak tersumbat sehingga jalan bebas dari genangan air,” urai Heru.

Untuk diketahui, Apel Kesiapsiagaan dalam Menghadapi Musim Penghujan melibatkan perwakilan dari setiap bidang, hingga unit masing masing.

“Seluruh sektor terkait memiliki peran dan tanggung jawabnya masing-masing. Semoga kegiatan ini mampu meningkatkan kesiapsiagaan kami,” tandasnya. (hop)