Edhy Prabowo

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengingatkan Kementerian Agama (Kemenag) agar memastikan kapasitas hotel untuk karantina jemaah umrah.

Hal tersebut dilakukan agar tidak adanya penumpukan antarkloter jemaah umrah setibanya di Tanah Air.

“Saya minta kepada Kemenag, Kemenkes hingga BNPB dapat mempersiapkan keberangkatan dan kedatangan jemaah dengan baik melalui pengaturan flow-nya,” kata Luhut, Jumat (21/1).

Luhut kemudian mengungkap, jumlah jemaah umrah yang diberangkatkan ke Arab Saudi terus bertambah. Sejalan dengan penularan Omicron yang terus meningkat salah satunya dari pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

“Maka dari itu, kami ingin memastikan agar perjalanan umrah ini bisa berjalan dengan aman dan lancar sampai kembali tiba di Indonesia,” jelasnya.

Di sisi lain, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menerangkan terdapat total 20 persen jemaah umrah positif Covid-19 usai tiba di Tanah Air. Jumlah tersebut setara dengan 87 orang dari total 414 jemaah yang pulang ke Indonesia pada 17 Januari 2022 kemarin. (ant)