Cilangkap

Kastara.ID, Depok – Lurah Cilangkap, Teguh Santoso bakal mendorong pengembangan instalasi pengolah sampah menjadi energi listrik atau Pengolah Sampah jadi Energi Listrik (PSEL) di wilayahnya. Upaya tersebut dilakukan dengan mengintegrasikan dua program menu wajib Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Cilangkap tahun 2023, yaitu, Pelatihan Pemilahan Sampah dan Teknologi Tepat Guna.

Teguh menjelaskan, dalam mempersiapkan hal tersebut, pihaknya akan mensosialisasikan pembentukan bank sampah ke semua RW di tahun ini. Jika semua RW sudah terbentuk bank sampah, di tahun 2023, pihaknya akan mensosialisasikan teknologi tepat guna dalam pengolahan sampah.

“Untuk mewujudkan itu kami akan cari CSR atau Corporate Social Responsibility untuk pengadaan dan pengelolaan teknologi tepat guna untuk hal tersebut,” tuturnya usai Musrenbang, di Wisma Kinasih, seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok (19/1).

Lanjut Teguh, saat ini di RW 20 sudah ada teknologi tepat guna mengolah sampah. Yang sebelumnya menggunakan sistem cacah menjadi fermentasi dan dibakar tanpa menimbulkan polusi asap, sisa pembakarannya berubah menjadi cair.

“Kami juga sedang berkoordinasi dengan Badan Perencanaan dan Pengembangan Penelitian (Bappeda) Kota Depok untuk menentukan teknogi tepat guna yang dapat diterapkan. Sebab, dari Universitas Gunadarma mau memberikan juga pengolahan sampah menjadi energi listrik,” pungkasnya. (dha)