BMKG

Kastara.ID, Jakarta – Kepala Badan Meterologi Klimatolgi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan, pihaknya memprediksi wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi atau Jabodetabek masih akan mengalami hujan dalam sepakan ke depan.

Saat memberikan keterangan pers secara online (20/2), Dwikorita mengatakan, sampai 25 Februari 2021 wilayah Jabodetabek akan turun hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Dalam keterangannya Dwikorita juga menampilkan sebuah peta di layar monitor. Peta dengan warna hijau hingga kuning yang menunjukkan intensitas hijan yang semakin tinggi.

Sementara pada Sabtu (20/2), menurut mantan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ini, kuningnya merata di hampir seluruh wilayah Jabodetabek. Menurut Dwikorita, kemarin sebetulnya tidak merata. Tapi dampaknya justru menjadi merata. Itulah sebabnya BMKG memprediksi akan terjadi peningkatan intensitas hujan.

 

Sedangkan hari ini, Ahad (21/2), intensitas hujan akan menurun. Hal ini terlihat dalam peta berwarna hijau muda yang menandakan intensitas hujan rendah. Dwikorita menyebutkan bahwa energi hujan sudah dilepaskan pada hari ini. Sehingga meski besok masih terjadi hujan tapi intensitasnya ringan.

Hal serupa diprediksi akan terjadi pada Senin (22/2). Dalam peta terlihat warnanya hijau sangat muda yang berarti hujannya masih ringan. Namun di wilayah selatan warnanya hijau tua yang berarti terjadi peningkatan intensitas hujan meskipun dalam masih dalam tahap ringan.

Pada Selasa (23/2), petanya berwarna kuning menjadi cokelat kemerahan. Artinya menurut Dwikorita, di hampir seluruh wilayah Jabodetabek terjadi peningkatan intensitas hujan. Itulah sebabnya BMKG meminta masyarakat lebih waspada pada Selasa dan Rabu, 23-24 Februari 2021. (ant)