Gubernur Lemhannas

Kastara.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Andi Widjajanto sebagai Gubernur Lemhannas. Pelantikan yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta ini dihadiri dengan peserta terbatas dan memedomani protokol kesehatan (prokes).

Pelantikan Andi digelar bersamaan dengan pelantikan Arief Prasetyo Adi menjadi Kepala Badan Pangan Nasional. Arief diketahui sebelumnya menjabat sebagai Dirut PT RNI.

Acara pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pembacaan Keppres pengangkatan Andi Widjajanto. Selanjutnya, Jokowi memimpin pembacaan sumpah dan diikuti oleh pejabat yang dilantik.

“Demi Tuhan saya berjanji. Bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Jokowi diikuti pejabat yang dilantik.

Sebagai informasi, Andi Widjajanto menggantikan Letjen (Purn) Agus Widjojo yang ditunjuk menjadi Dubes RI untuk Filipina. Andi merupakan alumnus FISIP UI. Dia dikenal sebagai pengamat pertahanan.

Andi pernah menjadi salah satu anggota Timses Jokowi dalam Pemilu 2014. Tim itu ditunjuk langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan disetujui oleh Jokowi. Dia sempat menjabat Sekretaris Kabinet, meski hanya setahun. (ant)