Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)

Kastara.ID, Depok – Sebagai seseorang yang masih melakukan aktivitas di luar rumah dan bertemu dengan banyak orang, tentu harus menerapkan sikap waspada. Terlebih jika mendapatkan informasi bahwa orang yang beberapa hari lalu ditemui terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, jika bertemu dengan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, maka otomatis dinyatakan berstatus kontak erat. Namun, jangan panik, pihaknya menganjurkan orang berstatus kontak erat melakukan isolasi mandiri sementara.

“Jika kita bertemu dengan orang yang terkonfirmas positif Covid-19 tetap tenang dan lakukan isolasi mandiri,” tuturnya seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok, Senin (21/2).

Dikatakan Mary, orang dengan status kontak erat dapat menghubungi fasilitas kesehatan atau Puskesmas terdekat. Hubungi Puskesmas melalui hotline sesuai domisili tempat tinggal mereka untuk dilakukan pemeriksaan swab.

Menurutnya, dengan menghubungi Puskesmas, maka proses tracing dapat dilakukan secara tuntas dan menyeluruh. Hal itu dilakukan agar penyebarannya tidak semakin meluas.

“Tracing dilakukan secara menyeluruh dengan orang-orang yang melakukan kontak erat dengan kita,” tambahnya.

Seperti diketahui, kontak erat merupakan orang yang memiliki riwayat kontak dengan kasus terkonfirmasi atau kasus probable, baik tatap muka atau bersentuhan tanpa menggunakan alat pelindung diri. Jika bersentuhan atau tatap muka dengan kasus positif dan tidak menggunakan masker atau pelindung diri, maka termasuk dalam kategori kontak erat. (dha)