Vaksin

Kastara.ID, Jakarta – Kementerian Kesehatan melaporkan, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 pada Ahad (20/2) bertambah sebanyak 48.484 pasien.

Angka itu menurun dari penambahan kasus Covid-19 pada Sabtu (19/2) yang mencapai 59.384 pasien.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi menuturkan, terjadi penurunan kasus Covid-19 yang signifikan. Selain itu, penambahan kasus aktif Covid-19 juga sedikit melambat.

“Kasus konfirmasi harian berkurang hingga 10.900 dari hari sebelumnya. Dan, kasus aktif sedikit melambat dengan penambahan di angka 15.448 per hari,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (21/2).

“Kita akan terus memprioritaskan pelayanan kesehatan rumah sakit hanya untuk pasien Covid-19 bergejala sedang hingga kritis dan yang memiliki komorbiditas saja,” jelas Nadia.

“Untuk menahan tekanan pada rumah sakit sampai kita melewati puncak gelombang Omicron nantinya,” tambahnya.

Tak hanya memperkuat dengan strategi triase, pemerintah juga terus menjaga agar angka testing dan tracing tetap tinggi, serta oksigen terjaga.

Sampai Sabtu (19/2), jumlah spesimen yang diuji berada di posisi 489.780. Sementara stok kebutuhan oksigen di 10 provinsi yang tercatat kenaikan kasus tertinggi tetap terjaga di angka hingga lebih dari 48 jam.

Nadia melanjutkan, pemerintah juga terus melakukan upaya pencegahan seperti meningkatkan vaksinasi dosis lengkap ke lebih dari 208 juta penduduk Indonesia.

Langkah sangat penting untuk mencegah agar penduduk terhindar dari kesakitan atau resiko kematian akibat terinfeksi virus Covid-19. (ant)