DLHK

Kastara.ID, Depok – Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap 21 Februari, dijadikan momentum Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok untuk mengajak masyarakat berpartisipasi aktif dalam pengelolaan sampah. Salah satunya dengan pemilihan sampah yang dimulai dari rumah tangga.

“Hal ini perlu dilakukan agar masyarakat dan seluruh elemen bisa mengelola sampah dengan baik. Sehingga, sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung bisa berkurang,” ujar Kepala DLHK Kota Depok, Ety Suryahati, Senin (21/02/22).

Ety juga meminta, kepada seluruh jajaran pemerintahan termasuk wilayah agar melakukan sosialisasi dan kampanye kebijakan serta program pengelolaan sampah. Selain itu, melakukan gerakan kolaboratif masyarakat dengan dunia usaha dalam pengembangan ekonomi  sirkular. Seperti rumah kompos/Unit Pengolahan Sampah (UPS), pertanian perkotaan (urban farming) dan bank sampah.

“Mudah-mudahan upaya yang terus kita lakukan dan sosialisasikan secara masif ini, bisa membawa lingkungan jadi lebih baik,” kata Ety.

Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Pasalnya, hal tersebut dapat menbawa dampak buruk pada lingkungan.

“Jagalah alam kita. Jangan sampai ketika musim panas kita kekeringan dan musim hujan kita kebanjiran. Jangan buang sampah sembarangan,” tutupnya. (dha)