Rama Sinta

Kastara.ID, Depok – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Sukatani menggelar pelatihan kader Kelurahan Sukatani Rama Sinta atau Gerakan Masyarakat Menjadi Surveilans Sukatani. Kegiatan ini diadakan dari tanggal 20-24 April 2021 di aula Kelurahan Sukatani.

Kepala UPTD Puskesmas Sukatani, Rika Astiti mengatakan, pelatihan Rama Sinta merupakan upaya preventif Puskesmas Sukatani dalam meredam penyebaran penyakit menular berbasis masyarakat. Materi pelatihan akan disampaikan oleh Tim Puskesmas Terpadu dan Juara (Puspa) Puskesmas Sukatani.

“Peserta akan dilatih menjadi surveilens yang dapat mendeteksi dini penyakit menular di masyarakat. Seperti, Hepatitis, TBC, DBD, Campak, Tifus dan lain-lainnya, termasuk juga Covid-19,” tuturnya di sela kegiatan, sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok (20/4).

Ia menjelaskan, ada 50 orang peserta yang merupakan kader posyandu dan terbagi menjadi dua kloter. Kloter pertama pada tanggal 20-21 April 2021 dengan 25 peserta dan kloter kedua pada 22-24 April 2021 dengan 25 peserta.

Ia berharap, setelah pelatihan para kader dapat menjadi kepanjangan tangan dari puskesmas di masyarakat. Dengan begitu, jika masyarakat ada yang terjangkit penyakit menular dapat segera ditangani agar tidak terjadi pandemi seperti Covid-19.

“Semoga dengan upaya yang dilakukan penanganan kesehatan di Sukatani semakin cepat dan baik,” pungkasnya. (dha)