Trending Topic

Kastara.ID, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019. Dalam rapat pleno yang berakhir pada Selasa (21/5) jam 02.00 WIB dini hari, KPU secara resmi menyatakan pasangan Joko Widodo–Ma’ruf Amin sebagai pemenang pemilihan presiden (pilpres) 2019 mengalahkan pasangan Prabowo Subianto–Sandiaga Uno.

Hasil ini segera mendapat tanggapan beragam dari warganet. Pendukung dari kedua pasangan calon (paslon) segera bereaksi. Perang tagar pun mewarnai jagad media sosial. Bahkan beberapa diantaranya menjadi trending topic di laman twitter.

Pendukung Jokowi–Ma’ruf Amin segera mencuitkan tagar #JokowiAminSudahMenang. Ada pula yang mencuitkan tagar #JokowiMenang. Cuitan mereka disertai foto dan meme yang menyiratkan kegembiraan atas pengumuman KPU yang secara resmi menyatakan Jokowi–Ma’ruf Amin menjadi pemenang pemilihan presiden dan wakil presiden.

Sementara itu pendukung Prabowo–Sandiaga ‘membalas’ dengan mencuitkan tagar #RakyatTolakHasilPilpres dan #SaveOurDemocracy. Sebagian besar menganggap keputusan KPU tidak sah. Ada pula yang menganggap demokrasi di Indonesia sudah mati. Selain itu muncul pula tagar lain seperti, #PrabowoBukanAyamSayur dan #KedaulatanDiTanganRakyat.

Hingga Selasa (21/5) pagi, setidaknya ada lima tagar yang menjadi trending topic, yakni  #JokowiAminSudahMenang, #RakyatTolakHasilPilpres, #PrabowoBukanAyamSayur, #HomatiSuaraRakyat, dan #SaveOurDemocracy. (rya)