Kastara.ID, Jakarta – Tebing yang mengalami longsor di Kali Pesanggrahan, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, telah ditangani Satuan Tugas (Satgas) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok. Penanganan sementara difokuskan pada pengangkatan material longsor.

“Kami fokus mengangkat material longsor, karena puing-puing tersebut jatuh ke kali, sehingga menutupi aliran air,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok Dadan Rustandi, seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok, Jumat (21/5).

Menurut Dadan, longsor terjadi beberapa hari yang lalu akibat rembesan air sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung. Pasalnya, lokasi longsor bersebelahan dengan TPA.

“Menurut laporan, tebing tersebut sebelumnya sudah terjadi longsor dan ini merupakan longsor susulan. Tiga hari ini 20 personel melakukan pengangkatan material, karena selain tanah, ada juga pohon bambu yang ikut tumbang,” terangnya.

Dadan menyebutkan, longsor yang terjadi sepanjang 500 meter, tingginya mencapai 10 meter. Untuk itu, kata Dadan, penanganan permanen harus berkoordinasi dengan dinas terkait.

“Longsor ini cukup panjang dan dalam, sehingga penanganan permanen akan dikordinasikan dengan dinas terkait. Sekarang baru penanganan sementara. Mudah-mudahan tidak ada longsor susulan lagi,” tutupnya. (dha)