Suhendar

Kastara.ID, Depok – Kelurahan Duren Seribu (Duser), Kecamatan Bojongsari berhasil masuk tiga besar pada lomba Kelurahan Tingkat Kota Depok Tahun 2021. Pada tahap ini, terdapat beberapa penilaian yang dilakukan, termasuk verifikasi lapangan.

Lurah Duser Suhendar menjelaskan, verifikasi lapangan dilakukan untuk menyesuaikan antara materi yang dipaparkan oleh lurah dengan kondisi di lapangan. Adapun yang menjadi poin penilaian antara lain inovasi lurah di bidang pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat, dan penanganan Covid-19.

“Alhamdulillah, verifikasi lapangan sudah dilakukan kemarin da sudah dicek semua yang menjadi poin penilaiannya,” jelasnya sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok (20/5).

Suhendar mengatakan, pihaknya menampilkan sejumlah inovasi unggulan pada lomba tersebut yaitu Sistem Pelayanan Online (Sipelo) dan Sistem Ekonomi Produktif Jelantah Untuk Lingkungan Kita (Mpo Jelita), serta inovasi lainnya di sektor perikanan, pariwisata, dan budaya.

Dijelaskannya, Sipelo memudahkan warga mengurus berbagai keperluan administrasi tanpa harus ke kantor kelurahan. Termasuk membuat Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

“Jadi, warga tidak perlu lagi datang ke kantor kelurahan, cukup melalui sistem ini. Jika KTP sudah selesai, warga akan dihubungi buat ambil. Kemudian lewat Mpo Jelita, warga bisa menukarkan limbah minyak dengan sembako maupun uang,” katanya.

Dengan persiapan yang dilakukan, dirinya berharap, Kelurahan Duser dapat menjadi yang terbaik dalam lomba tersebut. Selain itu, berbagai inovasi yang dilakukan juga dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Semoga inovasi yang ada dapat bermanfaat bagi warga banyak,” tutupnya. (dha)