Jakarta E-Prix

Kastara.ID, Jakarta – 100 Jakpreneur kuliner binaan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta akan meramaikan ajang Jakarta E-Prix atau Formula E 2022 pada 4 Juni mendatang.

Kurasi produk telah dilakukan untuk memilih 100 Jakpreneur terbaik yang berkesempatan menjual produknya di ajang balapan bergengsi tersebut.

Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, 200 Jakpreneur telah melalui proses kurasi produk pada gelombang pertama di Jakarta Creative Hub (JCH), Rabu (18/5) lalu. Kurasi produk gelombang kedua selanjutnya akan digelar Rabu (25/5) mendatang.

Dinas PPKUKM DKI Jakarta menunjuk empat kurator independen untuk menentukan Jakpreneur yang layak menjual produknya di ajang Formula E Jakarta.

“Kemarin yang ikut kurasi produk itu sudah 200 Jakpreneur. Hasilnya masih diolah empat kurator independen. Kita buka kesempatan lagi untuk Jakpreneur bisa ikut serta,” ujar Ratu, Sabtu (21/5).

Ratu menjelaskan, kurator memiliki kriteria penilaian terhadap Jakpreneur yang bakal ikut serta meramaikan Jakarta E-Prix 2022.

Di antaranya Jakpreneur berproduksi rutin, sehingga dapat memenuhi kuota dari pemesanan. Kemudian memiliki perizinan seperti Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK), Sertifikat Halal dan kehigienisan.

Menurut Ratu, Jakpreneur yang berhasil lulus kurasi akan menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran. Sistem pembayaran tersebut digunakan karena dinilai akan lebih memudahkan transaksi.

QRIS dari masing-masing Jakpreneur juga mampu memonitor keseluruhan omset penjualan produk dari setiap UMKM pada ajang Formula E Jakarta.

“Buat Jakpreneur yang belum ada QRIS tapi produknya memenuhi kriteria akan dibuatkan QRIS. Saat ini 300 ribu lebih Jakpreneur telah Go-Digital,” terang Ratu.

Ia menambahkan, 100 Jakpreneur terbaik akan mendapatkan tempat berjualan dengan fasilitas lengkap seperti meja, tenda, dan kursi untuk melayani penonton tanpa dipungut biaya.

“Sebelum pameran tanggal 4 Juni 2022, akan ada briefing untuk Jakpreneur yang lulus kurasi tanggal 28-29 Mei 2022,” tandas Ratu. (hop)