Kastara.ID, Jakarta – Videotron yang memuat gambar Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto dengan tulisan “Untuk Indonesia Terus Maju” tentu punya makna.

Soal videotron tersebut diungkapkan Pengamat Komunikasi Politik M Jamiludim Ritonga kepada Kastara.ID, Rabu (21/6) siang.

“Pertama, videotron itu ingin menyampaikan pesan kedekatan Prabowo dengan Jokowi. Kedekatan itu tidak sekadar secara fisik, tapi juga politis,” ungkap Jamil.

Menurutnya, kedekatan itu sengaja ditonjolkan untuk memberi kesan Prabowo sosok penerus Jokowi. Hal itu dipertegas dengan tulisan “Untuk Indonesia Terus Maju”.

Videotron Prabowo Subianto dan Joko Widodo di salah satu sudut Kota Jakarta. (Ist)

“Dua, videotron itu juga dapat dimaknai Jokowi meng-endorse Prabowo pada Pilpres 2024. Dalam gambar itu, Jokowi dikesankan memberi arahan kepada Prabowo,” tandas pengamat dari Universitas Esa Unggul Jakarta ini.

Hal itu dapat dipersepsi masyarakat bahwa Prabowo sosok yang disiapkan untuk melanjutkan estafet kepemimpinan. Hal itu juga sejalan dengan tulisan “Untuk Indonesia Terus Maju”.

“Jadi, videotron itu dapat dimaknai, Jokowi merestui Prabowo sebagai penerusnya. Prabowo akan dapat melanjutkan estafet kepemimpinan untuk Indonesia Terus Maju. (dwi)