Kepala Seksi Kepemudaan dan Olahraga Suku Dinas Pemuda dan Olahraga Kepulauan Seribu, Seply Madreta mengatakan, tiga calon Pemuda Pelopor yang melaju ke tingkat nasional adalah Muhammad Alimudin asal Pulau Pari mewakili bidang lingkungan, pariwisata dan SDA. Kemudian Abizar Algifari asal Pulau Tidung mewakili bidang agama, sosial dan budaya. Terakhir, Siti Sholehah Sari asal Pulau Kelapa Dua mewakili bidang pangan.

“Nantinya, para pemenang juara satu akan dikirim mengikuti seleksi Pemuda Pelopor tingkat nasional 2023,” kata Seply, Rabu (21/6).

Seply menjelaskan, sebelumnya pihaknya mengirim empat pemuda untuk mengikuti pemilihan Pemuda Pelopor ke tingkat provinsi. Para pemuda tersebut dikirim karena dianggap memiliki kecerdasan, kreativitas, kemandirian dan gotong royong yang bisa menginspirasi dalam melakukan terobosan dan tindakan nyata.

“Kita minta Pemuda Pelopor yang sudah terpilih dapat mempersiapkan diri dan mengasah kemampuan untuk tampil di hadapan juri. Kami optimistis pemuda Kepulauan Seribu bisa menjadi juara di tingkat nasional,” ucapnya.

Pemuda Pelopor Pulau Kelapa Dua, Siti Sholehah Sari (20) mengaku bahagia bisa mewakili Kepulauan Seribu ke tingkat nasional. Inovasi yang akan dipaparkan ke tingkat nasional nantinya mengangkat kuliner olahan ikan dan cumi dari wilayahnya.

“Saya akan mempersiapkan semaksimal mungkin agar kuliner khas Kepulauan Seribu ini bisa lolos ke tingkat nasional,” tandasnya. (hop)