Waduk Pondok Ranggon

Kastara.ID, Jakarta – Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar meninjau pembangunan Waduk Pondok Ranggon (20/7). Di lokasi tersebut saat ini sedang dibangun sarana destinasi wisata air yang ada di bibir waduk. Pembangunan waduk ini menggunakan dana pemulihan ekonomi nasional (PEN) Kementerian PUPR.

Anwar mengatakan, sebagai wali kota dirinya ingin mengetahui sejauh mana proses pekerjaannya, serta dampak dari pekerjaan ini seperti apa

Dia mengungkapkan, pada Desember nanti curah hujan akan tinggi dan ini harus diantisipasi dari sekarang agar saat terjadi cuaca ekstrem, wilayahnya tidak ada lagi genangan atau banjir.

“Informasi dari penanggung jawab, waduk ini bisa menampung rata-rata 890 meter kubik air. JadiĀ inlet-nya di atas tanpa pintu dan bagian outletnya menggunakan pintu baik manual maupun secara remote,” lanjut Anwar.

Disebutkan, di Pondok Ranggon ini ada tiga penampang. Yakni Waduk Pondok Ranggon 1, 2, dan 3. Khusus yang di Pondok Ranggon 1 luasnya mencapai sekitar lima hektare dan rencananya pada Agustus nanti diluncurkan Gubernur DKI Anies Baswedan.

“Diharapkan pekerjaan ini tuntas sesuai jadwal yang ditetapkan,” tegasnya.

Disebutkan, kehadiran Waduk Pondok Ranggon ini selain sebagai pengendali banjir, juga dapat sebagai obyek wisata. Karena di lokasi juga disiapkan sarana bermain anak, taman, teater, panggung hiburan, balai warga, dan sarana pendukung lainnya untuk destinasi wisata.

“Seluruhnya dibangun oleh Pemprov DKI Jakarta untuk warganya. Sehingga jika warga akan berwisata, tidak perlu jauh-jauh datang. Namun cukup mendatangi Waduk Pondok Ranggon, Waduk Setu maupun Waduk Tiu, yang telah dilengkapi sarana berwisata,” ungkap Anwar. (hop)