Forum Anak Goes To School

Kastara.ID, Depok – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok tahun ini kembali menggelar Forum Anak Goes To School (FAGTS). Seminar kali ini bertema Remaja Cerdas Jauhi Pergaulan Bebas.

Kepala Bidang Pengembangan Kota Layak Anak DP3AP2KB Kota Depok, Ima Halimah menuturkan, kegiatan yang dihelat kemarin (20/7), dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Tingkat Kota Depok Tahun 2022. Sekaligus mengajak peserta yang notabenenya adalah pelajar untuk menjauhi pergaulan bebas.

“Dalam seminar itu kami berikan informasi atau pencerahan kepada peserta seminar agar memahami dampak pergaulan bebas dan menjauhinya,” tutur Ima seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok, Kamis (21/7).

Ima menyebutkan, peserta yang mengikuti seminar berjumlah 55 orang yang berasal dari pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) jenjang SMP. Mereka juga dikenalkan tentang forum anak.

“Seminar ini juga sekalian mengenalkan forum anak kepada peserta, agar mereka tertarik untuk bisa bergabung,” katanya.

Selain Program Forum Anak, pemerintah juga berupaya untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang hebat dan keren melalui program Satuan pendidikan Ramah Anak (SRA). Ketika SRA ini diimplementasikan dan didukung oleh seluruh unsur sekolah, maka akan memberikan kontribusi dalam upaya mewujudkan generasi penerus yang berkualitas.

Ima menuturkan, terdapat banyak tantangan di zaman sekarang. Seperti tantangan untuk mampu menolak Napza, pergaulan bebas, pornografi dan lainnya. Oleh sebab itu, anak-anak diminta untuk dapat membentengi diri dari hal negatif tersebut dengan peran orang tua dan teman dekat.

“Era jaman sekarang, menuntut mereka untuk kreatif dan inovatif. Perbanyak melakukan hal-hal positif secara individual ataupun berkelompok agar membantu dalam menemukan jati diri. Seperti masuk dalam keanggotaan forum anak, OSIS, PIK-R (Pusat Informasi Konseling Remaja), Remaja Masjid dan sebagainya,” pungkasnya. (dha)