Manokwari

Kastara.ID, Jakarta – Juru bicara Badan Intelejen Negara (BIN) Wawan Purwanto mengatakan, pihaknya sudah mengetahui aktor dibalik aksi massa di Papua dan Papua Barat yang menimbulkan kerusuhan. Wawan menambahkan, pada aktor itu diketahui setelah BIN melakukan pemetaan.

Dikutip dari CNN Indonesia pada Rabu (21/8), Wawan menyatakan dari hasil pemetaan bisa diketahui siapa yang bermain dan siapa yang menjadi aktornya. Namun Wawan enggan menjelaskan secara rinci siapa aktor tersebut. Meski demikian Wawan memastikan BIN telah melakukan sejumlah langkah antisipasi agar ketegangan di Papua dan Papua Barat segera reda.

Wawan memaparkan, sedari awal BIN telah mendeteksi adanya potensi kerusuhan di kedua provinsi paling timur di Indonesia itu. Pasalnya gejala-gejala terjadinya kerusuhan sudah tampak. Namun BIN tidak mau bergerak secara gegabah, baik dalam mengeluarkan statemen maupun langkah hukum. Terlebih kondisi di wilayah tersebut memiliki sensivitas.

Kehati-hatian juga perlu diperhatikan. Pasalnya persoalan yang terkait dengan suku agama ras dan antas golongan sangat cepat menjalar. Jika tidak berhati-hati, apalagi membuat komentar ‘panas’ dikhawatirkan bisa membuat interpretasi yang bermacam-macam dan berpotensi menimbulkan kesalahpahaman.

BIN menurut Wawan, telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait guna menangani kerusuhan di Papua dan Papua Barat. (rya)