Tri Rismaharini

Kastara.ID, Jakarta – Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bidang Kehormatan Komarudin Watubun menyebut partainya berpeluang mencalonkan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebagai Gubernur DKI Jakarta pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2022. Komarudin menyebut, Risma, panggilan Tri Rismaharini, adalah kader terbaik PDIP yang memiliki banyak prestasi.

Berbicara di Kompleks Gedung DPR, Senayan, Jakarta, kemarin (20/8), Komarudin menilai setelah era kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Jakarta justru semakin buruk. Menurut Komarudin tidak ada perubahan signifikan selama Jakarta dipimpin Anies Baswedan. Itulah sebabnya PDIP tengah mempersiapkan kadernya yang akan diajukan untuk memimpin ibukota.

Anggota Komisi II DPR RI ini menyebut masa jabatan Risma sebagai Wali Kota Surabaya sudah akan berakhir. Menurutnya, sangat terbuka kesempatan bagi Risma untuk ‘loncat’ ke Jakarta. Kalau memang rakyat Jakarta menghendaki Risma, menurut Komarudin mengapa tidak.

Sebelumnya, Risma mengaku tidak memikirkan akan menjadi Gubernur DKI Jakarta. Risma mengaku saat ini masih fokus menyelesaikan tugasnya memimpin Surabaya. Risma menegaskan dirinya hanya mengikuti jalan hidup yang telah digariskan Tuhan. Risma menyebut, jika memang Tuhan sudah menentukan maka dirinya tidak akan bisa menghindar.

Saat ini selain menjadi Wali Kota Surabaya, Risma juga mendapat jabatan baru sebagai Ketua DPP PDIP Bidang Kebudayaan. Saat pelaksanaan Kongres PDIP di Bali beberapa saat lalu, Risma dan pengurus DPP PDIP lainnya telah dilantik oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (rya)