PJJ

Kastara.ID, Jakarta – Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Hidayat Nur Wahid menyindir Nadiem Makarim. Pasalnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu mengaku baru mengetahui tidak semua wilayah di Indonesia bisa menikmati layanan internet. Padahal akses internet sangat menentukan demi terlaksananya kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau sekolah online.

Pendiri Gojek itu menegaskan akses internet yang tidak merata dipastikan menghambat kegiatan belajar mengajar virtual yang saat ini dilaksanakan di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Saat hadir di acara Ngobrol Bareng Bang Ruslan bertema 75 Tahun Kemerdekaan: Tantangan dan Harapan (20/8), Hidayat Nur Wahid terkejut dengan komentar Nadiem. Pria yang akrab disapa HNW ini menilai, sebagai Mendikbud seharusnya Nadiem memahami situasi Indonesia. Terlebih sedari awal Nadiem sudah gembar-gembor bakal menerapkan pendidikan menggunakan teknologi canggih.

Dengan nada seloroh, politisi PKS ini menanyakan, selama ini Nadiem ke mana saja? Seharusnya alumnus Universitas Harvard, Amerika Serikat (AS) itu sudah tahu sedari dulu. Menurut HNW, seharusnya pula Nadiem membuat trobosan disesuaikan dengan kondisi Indonesia. Banyak daerah yang masih bermasalah dengan listrik dan internet.

Jangan sampai anak-anak sekolah harus naik turun gunung, ke tengah sawah, atau ke ujung jalan hanya untuk mencari sinyal internet. HNW mengaku sedih saat melihat tayangan televisi yang melaporkan perjuangan siswa-siswa di daerah saat mengikuti sekolah online.

Seharusnya Nadiem melakukan mitigasi permasalahan pendidikan sedetil mungkin. Nadiem juga harus blusukan ke pelosok-pelosok, di mana murid-murid harus mencari sinyal internet untuk belajar online. HNW pun bersyukur saat ini belum memasuki musim hujan. Kalau sudah musim hujan dipastikan perjuangan para siswa akan semakin berat. (ant)