Vitamin A

Kastara.ID, Depok – Sebanyak 1.054 balita Kedaung menjadi sasaran pemberian Vitamin A di bulan Agustus ini. Pemberian dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Kedaung, Anugrah Sri Handayani mengatakan, saat ini Vitamin A sudah diberikan kepada 727 balita dari 1.054 balita yang menjadi sasaran. Ribuan balita tersebut terdiri dari usia 6-59 bulan.

“Di masa pandemi ini, vitamin A langsung diberikan oleh orang tua masing-masing dengan pengawasan tenaga kesehatan yang bertugas,” tuturnya seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok (20/8).

Menurutnya, pemberian Vitamin A di bulan Agustus ini dilakukan di Posyandu. Jadwal pemberian Vitamin A dibuat per-RT dengan memperhatikan protokol kesehatan (prokes).

“Jadwal dibuat sesuai kesepakatan dengan Posyandu. Pada pekan ini dilakukan setiap hari kecuali tanggal merah, dimulai dari 08.00 hingga 13.00 WIB,” terangnya.

Sementara Penanggung Jawab Pemberian Vitamin A, UPTD Puskesmas Kedaung, Maya Destorowati mengingatkan kepada orang tua agar datang sesuai jadwal yang sudah diberikan dengan memakai masker. Pada Posyandu, pihaknya mengingatkan untuk menyediakan tempat cuci tangan ataupun hand sanitizer dan pengukur suhu tubuh serta menyemprot alat timbangan dan pengukur panjang badan setelah digunakan.

“Bagi balita yg tidak hadir di Posyandu akan dilakukan sweeping oleh kader secara door to door,” tutupnya. (dha)