Kastara.ID, Jakarta – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mencanangkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Menanam di Taman BMW, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (21/8).

Kegiatan tersebut bersamaan dengan penutupan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) di lingkungan BUMD.

Kegiatan menanam ini merupakan bentuk dukungan Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) untuk penghijauan di DKI Jakarta. Kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan sinergi antar-BUMD yang akan berdampak positif untuk masyarakat Jakarta.

“Kita berada di sini pertama adalah untuk Porseni BUMD. Semoga semakin akrab untuk Sukses Jakarta untuk Indonesia. Yang kedua adalah sinergi BUMD menanam pohon dengan total sekitar 1.400 pohon di beberapa titik,” ujar Pj Gubernur Heru, dalam Siaran Pers Pemprov DKI Jakarta.

Penanaman akan dilakukan secara bertahap di beberapa wilayah, seperti area Jakarta International Stadium, Waduk Rambutan 1, Embung Wirajasa, Waduk Kaja, dan Jl Boulevard Barat Raya – Kelapa Gading.

Tanaman yang akan ditanam seperti Trembesi (Samanea saman), Ketapang Kencana (Terminalia mantaly), Pulai (Alstonia scholaris), Tabebuya (Tabebuia rosea), Bungur (Lagerstomeia speciosa), Leda (Eucalyptus deglupta), dan Tecomastan (Tecoma stans).

Sementara untuk kegiatan Porseni yang ditutup hari ini telah digelar pada 7-19 Agustus 2023. Menariknya, Porseni tersebut baru diadakan kembali setelah vakum selama sepuluh tahun terakhir.

Kegiatan yang dilombakan mencakup delapan jenis pertandingan yang terdiri dari tujuh cabang olahraga, yakni vokal, basket 3 on 3, tenis meja, badminton, futsal, gerak jalan, dan e-sport mobile legend, serta lomba pembuatan logo BP BUMD dan sinergi BUMD. Diharapkan event Porseni ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan.

“Dengan mengucap Alhamdulillah, secara resmi Porseni BP BUMD 2023 saya nyatakan ditutup. Tentunya dengan kegiatan ini (harapannya) kita selalu guyub,” lanjut Pj Gubernur Heru.

Sementara Kepala BP BUMD, Nasruddin Djoko Surjono menjelaskan, Porseni telah diikuti oleh ribuan atlet yang tersebar di berbagai BUMD Jakarta.

Event perdana Porseni 2023 tersebut dimenangkan oleh Bank DKI sebagai juara umum, kemudian Perumda PAM Jaya, dan Perumda Pasar Jaya.

“Porseni diikuti 1.272 peserta dari BP BUMD, 13 perusahaan BUMD, dan empat perusahaan patungan. Total medali yang diperebutkan sejumlah 252 medali. Dengan badan yang sehat maka kami berharap perusahaan BUMD dan patungan juga kesehatannya meningkat,” tandasnya. (hop)