Abu Syahid Chaniago

Kastara.ID, Jakarta – Peristiwa penyerangan ustadz atau tokoh agama Islam kembali terjadi. Kali ini menimpa Ustadz Abu Syahid Chaniago di Masjid Raya Baitusysyakur, Jodoh, Batuampar, Batam, Kepulauan Riau (20/9). Video penyerangan tersebut sempat beredar dan menjadi viral di media sosial (medsos).

Petugas keamanan masjid, bernama Jafar menuturkan, penyerangan tersebut terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Saat itu di Masjid Raya Baitusysyakur tengah dilaksanakan pengajian ibu-ibu. Menurut Jafar, saat Ustadz Abu Syahid sedang menyampaikan ceramah, pelaku tiba-tiba menyerang.

Pelaku diketahui mengenakan pakaian rapi. Hal itu membuat petugas masjid tidak mengira pelaku berniat melakukan penyerangan terhadap ustadz. Jafar bahkan sempat melihat pelaku masuk ke area wudhu dan langsung masuk ke dalam ruangan masjid.

Kapolsek Batuampar, AKP Salahuddin mengatakan, pelaku sudah diamankan pada Senin (20/9) siang. Saat ini pihak kepolisian tengah melakukan pemeriksaan terhadap pelaku. Termasuk kondisi kejiwaannya. Pasalnya saat ditangkap, pelaku sempat mengatakan dirinya adalah seorang komunis.

Saat ditangkap, pelaku juga tidak menampakkan sikap menyesal. Terkait motif dan identitas pelaku, Salahuddin belum merinci secara rinci. Diduga pelaku adalah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Saat ini kasus tersebut sudah ditangani oleh Polresta Barelang. (ant)