Kastara.ID, Jakarta – Presiden Jokowi memastikan bahwa pengumuman kabinet akan dilakukan Senin (21/10). Hal ini disampaikannya di Istana Negara kemarin (20/10), sesaat akan berangkat menuju Gedung DPR/MPR RI untuk dilantik sebagai presiden periode 2019-2024.

Jokowi mengatakan bahwa susunan kabinet sudah rampung, selesai, dan akan diumumkan hari Senin ini. Ini dilakukan mengingat Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan berangkat Senin malamnya, untuk menghadiri penobatan kaisar Jepang. Jokowi ingin Ma’ruf Amin, sebagai wakil presiden, ikut hadir saat pengumuman susunan kabinet tersebut.

Menurut Jokowi, para menteri yang diperkenalkan akan segera dilantik. Tapi, ia tidak menyebutkan kapan waktu pelantikannya, pada hari yang sama atau berbeda.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Gedung DPR/MPR RI, Ahad (20/10), mengaku bahwa dia sampai hari ini belum diberitahu tentang portofolio menteri untuk partainya. Ia memang telah dipanggil Jokowi pada Rabu lalu, tapi tidak ada pembahasan tentang menteri pada pertemuan itu. Meski demikian portofolio apapun yang diputuskan presiden akan dia terima. (hop)