Kastara.id, Jayapura – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Jayapura mengimbau masyarakat untuk memilih dalam Pilkada 2017. “Mulai saat ini seluruh masyarakat kota Jayapura sudah harus menetapkan hati untuk memilih dalam Pilkada 2017 nanti, dan jangan sampai tidak memilih atau golput,” kata Kepala Bidang Aplikasi Telematika Dinas Kominfo Provinsi Papua Totok Asbi Irianto, di kantornya, Jl. Soa Siu Dok II Jayapura, Senin (21/11).

Menurut Totok, masyarakat di kota Jayapura juga harus bijak dalam menentukan pemimpin. ”Pilihlah pemimpin yang memiliki komitmen dalam memajukan kota Jayapura,” ujarnya.

Totok menegaskan, paling tinggi jumlah yang masyarakat kota Jayapura yang golput adalah 10 %. “Berdasarkan pengalaman dalam setiap pemilu baik pemilihan kepala daerah atau pemilu legislatif, jumlah masyarakat yang golput  tidak sampai 10% dari jumlah pemilih,” katanya.

Totok juga menegaskan, umumnya masyarakat yang golput karena sedang pulang kampung. “Sebagian masyarakat kota Jayapura adalah pendatang seperti dari Makasar, Manada, dan Jawa, sehingga ada yang tidak menggunakan hak pilihnya dalam pilkada,” ujarnya.

Ditambahkan Totok,  sampai saat ini secara umum situasi di kota Jayapura masih  kondusif. “Masyarakat kota Jayapura sudah cukup dewasa dalam menyikapi setipa agenda politik seperti pilkada. Jika ada gesekan  atau gejolak semuanya masih dalam taraf yang wajar,” katanya.

Diakui Totok, memang masih ada masyarakat di Jayapura yang mudah terprovokasi, dan umumnya mereka berasal dari daerah pegunungan. ”Tentu saja ada masyarakat yang mudah terpengaruh, dan bisa jadi berhubungan dengan tingkat pendidikan. Tapi saya tetap optimis pilkada 2017 nanti bisa berlangsung dengan damai dan aman,” ujarnya. (raf)