DBD

Kastara.ID, Depok – Berawal dari laporan Ketua RT 10/07 Komplek Permata Depok Sektor Pirus, Kelurahan Pondok Jaya, kepada Lurah Mulyadi bahwa beberapa warganya ada yang terjangkit positif Demam Berdarah Dengue (DBD). Mereka adakah enam warga yang terjangkit DBD pada bulan Oktober-November yaitu Kenes (2), M Rafif (10), Afifah Dyah (27), Irma (54), Kherani Ulfah (38), dan Hertensius (58). Empat warga di antaranya sudah dinyatakan sembuh dan boleh pulang ke rumah oleh dokter.

Lurah Pondok Jaya Mulyadi langsung menghubungi dokter Puskesmas Ratu Jaya mengenai warganya yang terkena DBD. Puskesmas Ratu Jaya langsung menunjuk Petugas Kesehatan Lingkungan Natasya Minastuti untuk mendata warganya kompleknya yang positif DBD, sekaligus memberikan pertolongan (20/11).

Natasya mengatakan, penyebab DBD biasanya diakibatkan genangan air yang berada di rumah-rumah seperti pot-pot tanaman, ban-ban bekas atau tempat yang bisa berkembang biaknya nyamuk.

Angka Bebas Jentik (ABJ) dihitung kurang dari 95 persen dan ada kasus warga terjangkit dilakukan fogging.

Natasya menambahkan, kalau di bawah 95 persen dan ditemukan dua kasus, pihak Puskesmas melakukan permohonan untuk dilakukan hogging ke rumah warga.

Di tempat yang sama, Lurah Pondok Jaya Mulyadi langsung menginstruksikan warganya untuk melakukan kerja bakti tiap RW untuk menghindari timbulnya gejala DBD, mengingat musim penghujan telah tiba.

Mulyadi terjun langsung ke warga untuk menanyakan satu rumah satu jumantik, kendala apa yang terjadi di lapangan, sekaligus melihat fogging. (*)