Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR)

Kastara.id, Yogyakarta – Galakkan pelestarian tradisi batik pada industri busana Indonesia, salah satu sekolah binaan PT Astra International Tbk, SMKN 2 Gedangsari, melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) berkolaborasi dengan desainer DIY Dandy T. Hidayat menyelenggarakan pagelaran busana “Fashion Show D’ Activities” yang turut dihadiri oleh Bupati Gunungkidul, Badingah.

Bertempat di Hartono Mall Yogyakarta (19/12), pagelaran busana ini menjadi wujud pembuktian buah karya pembinaan YPA-MDR pada bidang Kecakapan Hidup (Life Skill) serta menjadi ajang puncak prestasi dan kreativitas siswa binaan yang telah menciptakan desain busana dengan tetap melestarikan tradisi budaya batik. Tidak hanya itu, pada kesempatan yang sama SMKN 2 Gedangsari juga meluncurkan produk busana Roges Style yang siap bersaing di industri mode Indonesia.

Ketua Pengurus YPA-MDR Herawati Prasetyo mengatakan, sejak 2007, YPA-MDR membina 9 SD, 2 SMP, dan 2 SMK di Gunung Kidul dan Bantul, Yogyakarta. Hingga saat ini terdapat 2.820 siswa binaan dan 188 guru binaan. “Khusus di Gedangsari, berdasarkan empat Pilar Pola Pembinaan YPA-MDR, membatik termasuk dalam pembinaan kecakapan hidup yang dikembangkan di Gedangsari. Hal ini sesuai dengan potensi unggulan lokal di Gedangsari,” ujarnya.

Bupati Gunungkidul Badingah mengungkapkan terima kasihnya kepada Astra yang sudah mengembangkan Kabupaten Gunungkidul dengan memberdayakan anak-anak lewat pelatihan. “Harapan kita ke depannya ini akan menjadi anak yang mandiri. Saat ini, memang kita arahkan Kabupaten Gunungkidul 75% SMK dan 25% SMA, jadi nanti anak-anak kita, generasi muda kita siap bekerja,” jelasnya.

Dengan komitmen melaksanakan program pembinaan, YPA-MDR bersinergi dengan para praktisi sebagai narasumber dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran secara akademik dan implementasi di sekolah binaan.

Herawati menambahkan, YPA-MDR berupaya untuk menyiapkan sumber daya manusia yang mampu menciptakan perekonomian kreatif dengan menjadikan Gedangsari sebagai daerah sentra industri sesuai potensi unggulan daerahnya, yaitu batik.

Pagelaran busana karya siswa SMKN 2 Gedangsari ini diharapkan dapat menjadi motivasi dan inspirasi untuk para siswa binaan YPA-MDR. Juga bagi generasi muda Indonesia lainnya agar dapat menciptakan berbagai karya kreatif yang menginspirasi. (mar)