Asian Games 2018

Kastara.id, Palembang – Berada di Palembang untuk mendampingi Presiden Joko Widodo di acara Kongres Nasional PMKRI, Senin (22/1) pagi, dimanfaatkan Menpora Imam Nahrawi untuk meninjau beberapa venues Asian Games di antaranya Dayung dan Bowling di Kawasan Jakabaring Sport Center.

Menpora didampingi Kadispora Sumsel Akhmad Yusuf Wibowo dan Kadis PU Pengairan Sumsel Syamsul Bahri, mengawali dengan mengunjungi Bowling Center yang didirikan diatas lahan seluas 2,8 Ha, dengan area gedung 4200 M2, 300 spectator, 40 lines, dan berbagai fasilitas penunjang telah selesai dibangun dan saat ini sedang proses sertifikasi dari federasi dunia. Bangunan megah yang disponsori oleh Sinar Mas pasca sertifikasi dinyatakan siap dipakai untuk Asian Games.

“Terima kasih kepada Sinar Mas yang telah mendukung upaya pemerintah meningkatkan terus prestasi olahraga, kejayaan olahraga Indonesia akan dapat dicapai dengan kebersamaan semua pihak, sekali lagi pemerintah menyampaikan apresiasi” ucap Menpora.

Usai dari Bowling Center, Menpora bersama rombongan melanjutkan peninjauan ke Venue Dayung, Kawasan Jakabaring Sport Center.Venue ini diproyeksikan menjadi terbaik di dunia, setidaknya dapat melebihi kualitas venue serupa yang di Inchoen, Korea Selatan.

Perencanaan yang apik dari pemerintah daerah yang dilanjutkan oleh Kementerian PUPR sebagai penanggung jawab infrastruktur Asian Games dan Asian Paragames 2018 berjalan sesuai tenggat waktunya. Khusus venue dayung dibangun dengan luas area 80.000 M2, rumah dayung 5.328 M2, menara start 72 M2, menara finish 88,75 M2, rowing dan agrometer 3.310 M2, tribun 4.392 M2, dan parkir 29.900 M2, kini sudah memasuki masa pemeliharaan dan siap untuk perlombaan Asia.

Ditambah dengan keunggulan Indonesia yang hanya mengenal dua musim, air tidak mengalami beku seperti negara-negara lain yang lain yang banyak musim maka venue ini punya potensi untuk dapat digunakan setiap saat menggelar even-even dunia.

“Beberapa hari yang lalu saya meninjau pelatnas dayung, dan sekarang melihat langsung venue yang akan menjadi tempat bertanding para atlet di Asian Games, ini venue yang bagus dan semoga menjadi terbaik di dunia, pasca Asian Games dengan potensi yang baik dapat untuk menggelar even-even dunia lainnya” kata Menpora.

Setelah dari dayung juga menyempatkan keliling Jakabaring, secara infrastruktur dapat dikatakan siap untuk perhelatan olahraga terbesar dibawah olimpiade, perihal masih ada satu dua yang belum rampung 100% akan dikoordinasikan dengan Kementerian PUPR sebagai penanggung jawab.

“Secara infrastruktur dapat dikatakan Jakabaring telah siap menyambut Asian Games, perihal ada satu dua yang belum selesai masih ada waktu nanti dikoordinasikan dengan Kementerian PUPR. Terima kasih Pak Menteri PUPR, terima kasih Pak Gubernur, terima kasih Pak Kadis, dan terimakasih untuk semua yang terlibat, mari kita sukseskan bersama,” pungkas Menpora. (tri)