Presiden

Kastara.ID, Jakarta – Sebuah survei mengungkapkan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan paling banyak dipilih anak muda sebagai presiden dalam pemilu 2024, yakni 15,2 persen, mengalahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (13,7 persen) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (10,2 persen).

Survei Indikator Politik Indonesia yang menggunakan telepon ini dilakukan pada Maret 2021, dengan melibatkan 1.200 responden anak muda berusia 17-21 tahun. Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1.200 responden memiliki toleransi kesalahan sekitar lebih kurang 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Menanggapi hasil survei itu, anggota DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak mengatakan, perjalanan menuju pemilihan presiden atau Pilpres 2024 masih panjang. Dia yakin keunggulan Anies dalam hasil survei Indikator Politik Indonesia masih dapat berbalik.

“Kalau melihat hasil surveinya antara Bung Anies dan Bung Ganjar, maka itu angka yang mirip, masih bisa terbalik karena melihat margin 2,9 persen yang bisa naik atau turun sebesar itu,” kata politikus PDIP itu dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/3).

Menurut Gilbert, masih ada 30 persen responden yang belum menentukan pilihan. Ada beberapa faktor yang dapat mengubah hasil survei yang menyatakan Anies Baswedan pilihan anak muda, yaitu dinamisnya politik dan waktu panjang menuju 2024. “Kerja politik partai juga akan sangat berpengaruh,” ungkapnya. (ant)