Karhutla

Kastara.ID, Jakarta – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Emi Abriyani menyatakan bahwa pihaknya menduga kebakaran lahan yang terjadi di wilayahnya karena disengaja.

“Kalau saya lihat kemarin itu sepertinya ada orang buka lahan dan itu diduga adanya kesengajaan untuk dibakar,” katanya, Kamis (22/4).

Dugaan unsur kesengajaan pembakaran lahan itu diperkuat lokasi kebakaran yang telah kering karena dengan adanya bekas pembersihan lahan dengan cara ditebas dan disemprot pembasmi rumput.

“Maka kondisi seperti itu tinggal dilempar api dan akan sangat mudah terbakar,” ujarnya.

Meski demikian, Emi mengungkapkan, untuk memastikan penyebab pasti kebakaran lahan di wilayahnya, proses penyelidikan diserahkan kepada pihak kepolisian selaku yang memiliki kewenangan.

Untuk itu, dia pun meminta pengurus RT/RW hingga lurah dan camat aktif melakukan pemantauan di wilayah kerja masing-masing. Jika melihat potensi atau kejadian kebakaran untuk segera dilaporkan agar dapat segera dilakukan pemadaman.

“Kemarin saja dalam sehari terjadi kebakaran lahan. Maka semua pihak harus turut aktif melakukan antisipasi dan penanganan karhutla,” terangnya seperti dilansir dari Antara. (ant)