Kastara.ID, Depok – Wali Kota Depok Mohammad Idris mengingatkan tiga hal dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan. Umat muslim perlu memperhatikan dan mempelajari komitmen, disiplin, dan sabar.

“Tiga hal ini yang perlu menjadi perhatian dan pelajaran buat kita dalam menjalani ibadah di bulan Ramadan,” tuturnya saat Tausiah Ramadan usai Salat Zuhur di Masjid Balai Kota Depok, seperti diwartakan laman resmi Pemkot Depok (21/4).

Ia menjelaskan, bentuk pengakuan yang direstui oleh Allah SWT sebagai hamba-Nya ialah dari komitmen iman dan takwa. Komitmen ini juga dapat diaplikasikan pada pandemi Covid-19.

“Terus melakukan sosialisasi serta menjaga 2 I, yaitu iman dan imun. Selain itu, kita juga iman kita dengan berprasangka baik pada Allah, lalu tingkatkan imun dengan menjaga pola makan, cukup istirahat dan konsumsi vitamin,” jelasnya

Lebih lanjut, ucapnya pelajaran yang kedua yaitu disiplin. Allah SWT telah menetapkan waktu-waktu yang diwajibkan umatnya untuk beribadah.

“Dengan begitu, secara tidak langsung Allah telah mengajarkan kedisiplinan kepada kita. Baik disiplin waktu atau disiplin ibadah,” katanya.

Ia menambahkan, Allah mengajarkan pelajaran besar tentang sabar. Di bulan Ramadan dengan berpuasa semua dilatih, baik dari menahan lapar dan haus hingga menahan emosi.

“Semoga kita semua dimudahkan oleh Allah dalan menjalankan ibadah di bulan Ramadan. Tidak lupa saya berpesan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam segala kegiatan,” pungkasnya. (dha)