Kastara.ID, Jakarta – Bank DKI meraih sejumlah penghargaan pada gelaran TOP BUMD Awards 2022 yang diselenggarakan majalah Top Business bekerja sama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA).

Penghargaan yang diterima Bank DKI antara lain TOP BUMD Awards 2022 BPD #Bintang 5, Golden Star Trophy dan TOP CEO BUMD 2022 untuk Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy, dan penghargaan TOP Pembina BUMD 2022 untuk Gubernur DKI JakartaAnies Baswedan.

Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy menyampaikan, penghargaan ini bentuk apresiasi atas pencapaian kinerja keuangan Bank DKI tahun 2021 yang pada beberapa aspek tumbuh di atas rata-rata industri perbankan nasional serta berbagai inovasi layanan melalui perbankan digital yang terus didorong perseroan.

“Penghargaan yang diraih ini berkat sinergi dan kolaborasi antar BUMD DKI Jakarta serta dukungan Pemprov DKI Jakarta sebagai pemegang saham,” ujarnya, Jumat (22/4).

Fidri mengatakan, penghargaan ini juga menunjukkan jika langkah strategis Transformasi 5.0 yang sedang digulirkan manajemen Bank DKI berada pada jalur tepat untuk peningkatan kapabilitas dan kapasitas Bank DKI dalam menghadapi era VUCA, persaingan digitalisasi layanan pada industri perbankan dan keuangan yang semakin ketat.

Penghargaan TOP BUMD Awards 2022 diberikan kepada Bank DKI berdasarkan hasil penilaian atas Achievement (prestasi), Improvement (perbaikan) dan Contribution (Kontribusi) yang telah dilakukan terkait kinerja bisnis, layanan, dan kontribusi terhadap perekonomian daerah.

“Terima kasih kepada redaksi majalah Top Business serta dewan juri atas penghargaan yang diberikan. Terima kasih juga kami sampaikan kepada para pemegang saham, nasabah serta mitra kerja Bank DKI atas kepercayaannya,” kata Fidri.

Fidri menjelaskan, Bank DKI meresmikan New Flagship Branch KC Balai Kota DKI Jakarta pada 11 April 2022 bertepatan dengan HUT ke-61. Flagship Branch KC Balai Kota menghadirkan pelayanan bernuansa baru dan ramah bagi nasabah difabel yang menyediakan mesin CRM (Cash Recycle Machine).

Tujuannya untuk memudahkan para nasabah melakukan setor tarik tunai secara mandiri dan Mobile Cash yang merupakan layanan tarik tunai tanpa kartu pada ATM melalui JakOne mobile.

“New Flagship Branch ini ke depan akan menjadi standar kantor layanan yang akan diterapkan di kantor layanan lainnya,” ucap Fidri.

Selain itu, sambung Fidri, Bank DKI juga telah melakukan sejumlah rangkaian Transformasi 5.0. Di antaranya terkat digitalisasi UMKM dengan penggunaan JakOne Abank di seluruh Pasar Jaya dan Food Station. Ke depan akan diluncurkan JakOne Mobile Abank yang merupakan penyempurnaan dari aplikasi JakOne Abank yang ada saat ini.

“Tujuannya mendorong penerapan inklusi keuangan serta memperluas akseptansi pembayaran kepada para pelaku UMKM di DKI Jakarta dan sekitarnya,” kata Fidri.

Ia melanjutkan, dari sisi digitalisasi pengajuan kredit, Bank DKI melakukan digitalisasi pengajuan KMG (Kredit Multiguna) melalui e-form. Kemudian sedang dikembangkan digitalisasi untuk pengajuan KUR yang diharapkan akan menjadi integrator bagi ekosistem perekonomian yang ada di DKI Jakarta.

Bank DKI juga berupaya  menghadirkan layanan ekosistem digital atau e-channel untuk mendorong penerapan transaksi non-tunai di berbagai komunitas di DKI Jakarta melalui JakOne Community Apps seperti JakOne Erte, JakOne Artri dan Ancol Apps.

Ke depannya, Bank DKI akan terus melakukan inovasi layanan perbankan digital seperti JakOne Pay dan JakSchool sebagai upaya Bank DKI untuk terus memperkuat layanan perbankan digital kepada berbagai komunitas di DKI Jakarta dan melengkapi JakOne Community Apps yang sudah tersedia saat ini.

Bank DKI juga dinobatkan sebagai satu-satunya BPD yang tergabung dalam 20 bank terbaik di Indonesia versi majalah Forbes Indonesia.

Pemberian predikat The World’s Best Banks untuk Bank DKI ini mengacu pada hasil survei yang dilakukan terhadap lebih dari 45 ribu konsumen di 27 negara.

Bank dinilai berdasarkan tingkat kepuasaan konsumen terkait kepercayaan, layanan digital hingga nasihat keuangan.

“Berbagai pencapaian ini menjadi semangat bagi kami untuk terus menghadirkan produk dan layanan perbankan digital yang mampu menjawab kebutuhan para nasabah dan mitra kerja Bank DKI,” tandas Fidri. (hop)