Moeldoko

Kastara.ID, Jakarta – Jajaran pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali bertambah. Hal ini setelah Kepala Staf Presiden Moeldoko melantik lima orang deputi Kantor Staf Presiden (KSP) pada Senin (22/6). Kelima deputi tersebut adalah Deputi I KSP Febry Calvin Tetelepta, Deputi II KSP Abetnego Panca Putra Tarigan, Deputi III KSP Panutan S Sulendrakusuma, Deputi IV KSP Juri Ardiantoro, dan Deputi V KSP Jaleswari Pramodhawardani. Kelimanya dilantik berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 45/M Tahun 2020 tentang Pengangkatan Deputi di Lingkungan KSP.

Dalam keterangan tertulis, Moeldoko mengatakan, jabatan deputi di KSP memiliki tanggung jawab yang tidak ringan. Pasalnya para deputi harus mampu membantu presiden dan wakil presiden dalam menjalankan tugasnya. Terlebih saat ini, Indonesia tengah mengalami masa sulit akibat wabah virus corona atau Covid-19. Moeldoko menegaskan dibutuhkan kerja keras untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

Moeldoko menambahkan ada empat sektor yang menjadi perhatian kelima deputi KSP, terutama terkait dengan penanganan Covid-19. Keempat sektor tersebut adalah sektor kesehatan, yakni terkait ketersediaan obat, perluasan testing, dan tracing atau pelacakan. Selanjutnya sektor sosial yang terkait dengan ketepatan bantuan sosial, pengendalian angka kemiskinan, dan daya beli masyarakat. Moeldoko menyebut ketahanan pangan, stabilitas ekonomi, UMKM dan investasi perlu diperhatikan agar perekonomian tetap tumbuh meski masih dilanda wabah virus corona.

Moeldoko menuturkan, kelima deputi berasal dari latar belakang yang berbeda. Mantan Panglima TNI ini menjelaskan Deputi I KSP, Febry Calvin Tetelepta sebelumnya sudah menjadi tenaga ahli KSP sejak 2015 dan membidangi masalah infrastruktur dan perhubungan. Sementara Abetnego Panca Putra Tarigan, Deputi II KSP dikenal sebagai Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi). Nantinya Abetnego akan membidangi pembangunan manusia.

Sedangkan Panutan S Sulendrakusuma, Deputi III KSP pernah menjabat sebagai Rektor Institut Teknologi dan Bisnis Kalbe. Panutan akan menangani bidan perekonomian. Deputi IV KSP, Juri Ardiantoro sebelumnya adalah Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) 2016-2017. Juri bakal menganani bidang informasi dan komunikasi politik. Selanjutnya Jaleswari Pramodhawardani, Deputi V KSP akan menangani bidang politik, hukum, keamanan, dan HAM. Jaleswari sebelumnya dikenal sebagai peneliti Kembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). (ant)