Anugerah KPAI 2020

Kastara.ID, Jakarta – Komitmen dan Inovasi Kementerian Agama dalam penyelenggaraan perlindungan terhadap anak diganjar penghargaan oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Anugerah KPAI disematkan kepada Kementerian Agama yang bertepatan dengan rangkaian Hari Anak Nasional.

Kemenag menerima anugerah dalam itu kategori Kementerian/Lembaga yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan pelaporan berbasis SIMEP (Sistem Monitoring dan Evaluasi Perlindungan Anak). Anugerah dan penghargaan KPAI 2020 ini diserahkan Ketua KPAI Susanto kepada Menteri Agama Fachrul Razi di Jakarta, Rabu (22/7).

Selain Kemenag, anugerah dan penghargaan KPAI 2020 juga diberikan kepada Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Hadir dalam giat ini Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Kapolda Metro Jaya serta disaksikan para kepala daerah se Indonesia secara virtual.

Dalam sambutannya usai menerima penghargaan, Menag mengatakan, Kementerian Agama memiliki kepedulian yang tinggi terhadap perlindungan anak di Indonesia. “Kami punya jutaan anak yang tersebar di pondok pesantren, madrasah, dan rumah yatim. Masa depan Indonesia sangat ditentukan oleh anak-anak saat ini. Terima kasih KPAI atas penghargaan ini,” kata Menag.

“Kita tidak akan pernah lelah menjaga dan memberikan perlindungan kepada anak-anak kita agar mereka menjadi generasi yang lebih baik,” sambung Menag.

Sementara Ketua KPAI Susanto menyatakan anugerah diberikan sebagai upaya KPAI dan semua pihak dalam mewujudkan Indonesia yang ramah anak. “Penyerahan anugerah ini merupakan salah satu langkah yang kami tempuh agar kualitas perlindungan anak di Indonesia semakin baik. Mudah-mudahan apa yang telah kita lakukan bersama semakin hari memberikan kebangkitan dan kemajuan terhadap perlindungan kepada anak-anak Indonesia,” ujar Susanto.

Susanto menambahkan, anugerah KPAI 2020 juga diberikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan pelaporan berbasis SIMEP (Sitem Informasi Monitoring dan Evaluasi Pelaporan), Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) terbaik dalam Perlindungan Anak, Pemerintah Daerah yang memiliki komitmen mendukung eksistensi KPAD, Organisasi Profesi Kesehatan Peduli Anak, Institusi Penegak Hukum Peduli Anak, Profesi Pendidik Peduli Anak, serta Tokoh Inspiratif Anak Peduli Terhadap Kondisi COVID-19. (put)