Kader PDIP(antaranews.com)

Kastara.ID, Jakarta – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengatakan, pada tahun 2024 partainya harus melakukan regenerasi total.

“Kita akan melakukan sebuah regenerasi, dapat dikatakan total pada tahun 2024,” kata Megawati, Rabu (22/7).

Kendati demikian, Presiden kelima RI itu tidak menjelaskan secara rinci maksud dari regenerasi total yang ia sampaikan ke kader PDIP tersebut, apakah terkait dengan pergantian di pucuk pimpinan PDIP atau tidak.

Untuk itu, maka diperlukan kantor-kantor PDIP di daerah. Mega mengatakan, kantor-kantor itu bisa digunakan sebagai sarana konsolidasi internal dan menjadi tempat untuk bertemu dengan rakyat.

Bila hal ini bisa dilakukan, kata Megawati, maka PDIP bisa terus hidup terus di dalam hati rakyat dan secara fisik bersama rakyat.

Megawati kemudian mencontohkan Amerika Serikat yang memiliki dua partai politik yakni Republik dan Demokrat yang masih eksis hingga saat ini.

Ia pun kembali meminta para kader untuk menggunakan kantor-kantor PDIP yang telah berdiri sebagai sarana untuk menggelar rapat.

Untuk diketahui, Megawati merupakan Ketua Umum pertama PDI Perjuangan sejak 1999, tak lama setelah partai itu memisahkan diri dari PDI. Sebelumnya, ia juga tercatat pernah menjabat Ketua Umum PDI. (ant)