Kastara.id, Makkah – Dengan mengenakan paduan baju-sarung putih dan peci warna senada serta bersepatu kets putih, langkah kaki Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menuju Mina, Selasa (21/8) sore sangat bersemangat. Menag dan rombongan berangkat dari Wisma Haji Makkah ‘Al Mabrur’ menuju Jamarat yang berjarak 2 km untuk melontar jumrah aqabah.

Usai melempar tujuh kerikil, Menag Lukman menjalani mabit di Mina sembari memantau jemaah di sejumlah tenda dan menjenguk yang sakit di posko kesehatan di Kantor Misi Haji di Mina.

Di jalan Menag bertemu jemaah haji Indonesia dan menyapa. “Sehat ibu-ibu, bapak-bapak?” tanya Menag ramah.

Jemaah haji yang dalam rombongan menjawab dengan semangat. “Alhamdulillah Pak, kita sama-sama ke Mina ya, Pak,” ucap jemaah.

Saat melintasi terowongan Muaisim–antara Jamarat dengan Mina–Menag sempat berbincang dengan jemaah haji yang sakit. Sang jemaah duduk lemas di jalanan ditemani sang suami. Menag pun menyapa dengan ramah untuk menambah semangat jemaah.

Jemaah banyak mengalami kelelahan dan mendapat perawatan intensif oleh sejumlah petugas haji Indonesia. Sejauh ini, petugas terlihat sigap antar-jemput jemaah yang mengalami kelelahan di jalur yang membentang sekira empat kilometer ini. (put)