PKB

Kastara.ID, Jakarta – Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Siti Masrifah membacakan pandangan umum atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2020 beserta Nota Keuangannya. Fraksi PKB secara umum menyambut baik upaya pemerintah dalam mengarahkan belanja pemerintah pusat tahun 2020 guna penguatan daya saing melalui dukungan program baru yang diinisiasi, sepert peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Terakhir dan yang utama kebijakan fiskal tahun 2020 yaitu APBN untuk akselerasi daya saing melalui inovasi dan pembangunan kualitas sumber daya manusia, maka menyambut baik strategi pembiayaan investasi pemerintah,” papar Masrifah saat membacakan pandangan fraksi di hadapan Rapat Paripurna, di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (22/8).

Anggota Komisi IX DPR RI ini menambahkan, pengembangan SDM Indonesia akan dialokasikan ke beberapa pos yang dianggap penting, seperti dana pengembangan pendidikan nasional, dana abadi penelitian, dan juga tambahan inisiatif baru yaitu dana alokasi kebudayaan dan dana Abadi perguruan tinggi.

Menurut Masrifah, Fraksi PKB memandang kebijakan fiskal tahun 2020 yang bertemakan APBN untuk akselerasi daya saing melalui inovasi dan penguatan kualitas SDM harus dikawal, dan dipastikan telah direncanakan dan disusun oleh pemerintah dengan misi menegakkan keadilan untuk kemaslahatan seluruh rakyat.

Ia juga mengungkapkan bahwa penerimaan di bidang kepabeanan dan cukai, Fraksi PKB mendukung langkah pemerintah dalam melakukan ekstensifikasi dengan menambah objek barang yang kena cukai. Sedangkan berkenaan dengan tarif cukai hasil tembakau PKB menyarankan Pemerintah agar tetap memperhatikan kesejahteraan petani tembakau dan serapan tenaga kerja industri tembakau. (rya)