Pintu Air Manggarai

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta melakukan penanganan sampah di Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat. Sebanyak 54 truk dikerahkan untuk mengangkut sampah.

Kepala Dinas LH DKI Jakarta Andono Warih mengatakan, untuk mempercepat pengerjaan pihaknya juga menurunkan 200 personel gabungan dari dinasnya dan juga Dinas Sumber Daya Air (SDA).

“Alat berat tiga unit, total pengangkutan ada 68 rit. Kalau total sampahnya yang diangkut 1.689 meter kubik,” ujar Andono, Selasa (22/9).

Alat berat mulai beroperasi memindahkan sampah dan debris dari badan sungai ke truk-truk sejak pukul 02.00. Sementara pengangkutan sampah dari emplasemen Pintu Air Manggarai masih dilakukan sampai sekarang.

“Jika sampah di Pintu Air Manggarai tidak segera diangkat, maka pintu air akan tersumbat dan air akan meluap ke permukaan yang bisa mengakibatkan banjir. Kami sudah antisipasi dengan menyiagakan petugas di lokasi tersebut selama 24 jam. Sejak dini hari, petugas giat melakukan pengangkatan sampah,” tandas Andono. (hop)