Novarita

Kastara.ID, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok sedang mengusulkan penambahan tenaga kesehatan (nakes) medis dan non medis. Usulan tersebut dilakukan untuk memaksimalkan penanganan Covid-19 di Kota Depok.

“Untuk itu Kami sedang mengajukan penambahan tenaga medis dan non medis ke Provinsi Jawa Barat (Jabar),” kata Kepala Dinkes Kota Depok Novarita di ruang kerjanya, Selasa (22/9).

Novarita mengatakan, realisasi penambahan tenaga medis dan non medis tersebut ditargetkan mulai Oktober mendatang. Nakes ini rencananya akan ditempatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok dan Rumah Sakit Universitas Indonesia (RS UI).

Novarita menambahkan, untuk saat ini sedang dilakukan proses rekrutmen dari RSUD Kota Depok dan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) untuk penambahan nakes. Diharapkan penanganan Covid-19 di Kota Depok dapat lebih maksimal.

“Sementara untuk proses rekrutmen secara mandiri juga dilakukan di RSUD dan Labkesda untuk penambahan nakes di Kota Depok. Kami juga sedang mengupayakan ketersediaan HCU. Ada beberapa rumah sakit yang HCU-nya ada tapi dalam opersionalnya kekurangan SDM-nya,” ujarnya.

Penggunaan High Care Unit (HCU) harus dilakukan oleh tenaga ahli yang berkompeten dan sekarang sedang proses rekruitmen.

Sebagai informasi, HCU adalah unit pelayanan di rumah sakit dimana bagi pasien dalam kondisi stabil dari fungsi pernafasan, cairan tubuh, dan kesadaran namun masih memerlukan pengobatan, perawatan, dan pemantauan secara ketat. (*)