Kastara.ID, Noida — Sejumlah pembalap MotoGP telah melayangkan kritikan yang sangat keras dengan menilai Sirkuit Buddh di India terlalu berbahaya bagi MotoGP.

Terutama karena mereka belum pernah melakukan tes dan melihat layout dari presentasi saja.

Namun begitu tiba di India dan berkeliling, ada yang berjalan, berlari, dan bersepeda pada Kamis menjelang akhir pekan ini, para pembalap pengaku senang.

Mereka bahkan mengatakan menyesal karena terlalu keras mengkritik sebelumnya yang ternyata Sirkuit Buddh membuat mereka terpesona.

“Saya berjalan dua kali kemarin. Dan saya berlari sekali pagi ini,” kata pembalap GASGAS Tech3 Factory Racing, Pol Espargaro yang dilansir Crash.net saat menjelang GP akhir pekan.

“Sejujurnya, saya pikir kami sedikit terlalu keras sebelum datang ke sini dan melihat seperti apa sebenarnya (sepertinya). Saya pikir ini jauh lebih baik dari yang kita harapkan, saya yakin,” imbuhnya.

“Soal keselamatan, pasti ada beberapa hal yang bisa ditingkatkan. Tapi saya yakin di semua trek balap di dunia ada tempat-tempat yang ingin kami tingkatkan. Dan di sini yang pasti kita perlu mencari tahu, terutama (apa yang mungkin terjadi ketika) balapan dan crash,” jelas Pol.

“Menurut saya, tidak ada hal penting, tapi yang pasti ada beberapa hal yang bisa diperbaiki. Tapi saya yakin, seperti yang saya katakan, kami mengkritik agak keras sebelum datang ke sini. Dan bagi saya melihat layout dan cara pembuatannya, ini bisa menjadi salah satu yang paling menyenangkan tahun ini, naik turun, sudut-sudutnya cukup berbeda. Itu adalah sesuatu yang berbeda dan kelihatannya sangat-sangat menyenangkan,” ungkap Pol memuji.

Pemenang MotoGP Mandalika 2022, Miguel Oliveira, juga senang dengan Sirkuit Buddh.

“Ya, itu bagus. Ini layout yang menarik. Memiliki lintasan lurus yang besar, namun sisanya terlihat sangat menyenangkan. Tampaknya dari luar cukup aman untuk kita kendarai. Jadi terlihat menjanjikan. Besok kita akan lihat,” tandasnya.

Sedangkan pembalap Jepang, Takaaki Nakagami, juga memberikan pendapatnya setelah berkeliling sirkuit.

“Sore ini saya berjalan bersama tim untuk mengecek bagaimana layout-nya. Saya melihat layout terakhir kali di Misano, saat Komisi Keamanan, dan terlihat sangat bagus, namun yang menjadi tanda tanya adalah keselamatan. Di beberapa area, sepertinya temboknya terlalu rapat. Tapi mari kita lihat, maksud saya kesan pertama terlihat baik-baik saja,” pungkasnya.

Rata-rata pembalap mengaku senang setelah melihat langsung Sirkuit Buddh, padahal sebelumnya banyak yang melayangkan kritik yang cukup keras. (tra)