Sakti Peksos Goes To School

Kastara.id, Jakarta – Fenomena di kalangan pelajar belakangan ini seakan mengingatkan semua pihak untuk menanamkan edukasi dan informasi positif yang dibutuhkan.

Meningkatnya tindak kekerasan (tawuran antar sekolah, bullying, penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas di lingkungan siswa sekolah, dan penggunaan media sosial/internet yang tidak bertanggungjawab) serta upaya pencegahan terhadap tindakan kekerasan, eksploitasi, terpapar pengaruh negatif dari sosial media/internet, penyalahgunaan narkoba, penyimpangan perilaku khususnya yang dialami siswa sekolah, juga menjadi perhatian Kementerian Sosial.

Melalui Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak, Kemensos melaksanakan edukasi dan informasi melalui kegiatan Peksos Goes To School di SMP Desa Putra, Jagakarsa, Jakarta Selatan (22/10).

Kegiatan tersebut untuk mencegah tindak kekerasan di lingkungan sekolah, mencegah pengaruh negatif penggunaan sosial media/internet, mencegah dan mengetahui bahaya narkoba di lingkungan siswa sekolah, dan mencegah terjadinya penyimpangan perilaku sosial (pergaulan bebas dan pergaulan sesama jenis/LGBT).

Diikuti 30 siswa SMP Desa Putra, mereka dipandu tiga Sakti Peksos Jakarta Selatan: Yuli Winarsih, Yuni Risca, dan RR Zulia. Tema edukasi kali ini adalah “Stop Kekerasan Anak”.

Pelaksanaan Peksos Goes To School kali ini ikut didampingi perwakilan dari SMP Desa Putra, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Semediyanto, dan Guru Bimbingan dan Konseling SMP Desa Putra Mei Diana. (rud)