Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 900 pramudi Jak Lingko dinyatakan lulus sertifikasi oleh PT Transportasi Jakarta (Transjakarta). Mereka yang lulus merupakan pramudi untuk kategori bus sedang dan besar yang ada di lingkungan swakelola PT Transportasi Jakarta.

Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan, sertifikasi ini sebagai upaya pihaknya meningkatkan kecakapan mereka dalam mengemudikan kendaraan berpenumpang.

“Sertifikasi ini perlu dimiliki agar pramudi terampil dalam memberikan layanan dan tetap mengutamakan keselamatan serta kenyamanan penumpang,” ujar Agung, Selasa (22/10).

Untuk mendapatkan sertifikat berstandar nasional yang diterbitkan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), jelas Agung, pengemudi yang sudah memiliki SIM dan memiliki pengalaman membawa bus berpenumpang minimal tiga tahun, harus mengikuti pembelajaran dan ujian ulang.

“Target kami, 100 persen pramudi yang tergabung dengan Transjakarta bersertifikasi standar nasional. Pencapaian kami saat ini masih 80 persen. Kami juga terus memantau jumlah pramudi yang tersertifikasi, baik dari swakelola maupun dari operator,” tuturnya.

Ditegaskan Agung, kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan seiring dengan meningkatnya jumlah penumpang dan armada Transjakarta.

“Kami berkomitmen untuk terus memberikan pembekalan secara berkelanjutan kepada seluruh insan yang bekerja melayani warga DKI,” tandasnya. (hop)