Santri

Kastara.ID, Depok – Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengajak para santri asal Kota Depok untuk ikut berkontribusi membangun daerah asalnya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Pesan ini disampaikannya bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional yang jatuh setiap 22 Oktober.

Imam Budi Hartono mengatakan, pemahaman santri tentang Islam harus secara menyeluruh. Tidak dalam konteks Islam dari satu sudut pandang saja.

“Islam itu mengajarkan semuanya, ekonomi, peraturan kenegaraan, dan lain sebagainya. Untuk itu, para santri harus mengamalkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya saat menghadiri peringatan Hari Santri di Pondok Pesantren Hidayatullah, Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong, yang dilansir laman resmi Pemkot Depok, Jumat (22/10).

Menurut Imam Budi Hartono, masa depan para santri akan cerah apabila menanamkan iman dalam diri. Filosofinya adalah iman itu diyakini dalam hati, diucapkan dalam lisan, dan diamalkan dalam perbuatan.

“Kata Rasulullah, iman itu baik dan buruk. Di mana pun berada harus dalam koridor yang diajarkan Islam,” katanya.

Imam Budi Hartono menuturkan, para santri harus memahami tiga filosofi dalam kehidupan sehari-hari. Yaitu filosofi ketuhanan, kebangsaan, dan habblum minannas (menjaga hubungan baik dengan sesama manusia).

“Santri harus menjadi contoh dan panutan untuk lingkungan sekitar dan banyak orang,” pungkasnya. (dha)