Matraman

Kastara.ID, Jakarta – Sudin Bina Marga Jakarta Timur menyosialisaaikan rencana pembangunan tiga jembatan penghubung antar kampung di wilayah Kecamatan Matraman (21/10). Sosialisasi dilakukan di kantor Kecamatan Matraman.

Wakil Camat Matraman, Muhammad Husnul Fauzi mengatakan, sosialisasi diikuti para pengurus RT/RW, LMK dan perwakilan dari kelurahan. Sosialisasi ini dilakukan agar saat pelaksanaan pembangunan masyarakat dapat mengetahuinya dan membantu melakukan pengawasan di lapangan.

“Sosialisasi pembangunan jembatan antar kampung ini dilakukan agar masyarakat tahu. Karena ini juga merupakan tindak lanjut usulan warga melalui musrenbang,” kata Fauzi.

Menurutnya, dari tiga jembatan yang dibangun, dua jembatan di Jalan Balai Rakyat RW 07 Utan Kayu Utara merupakan rehab ringan dan satu jembatan lainnya rehab total di Jalan Galur Sari Timur, RW 01 Utan Kayu Selatan.

Sementara Kepala Seksi Jalan dan Jembatan Sudin Bina Marga Jakarta Timur, Budi Cahyo menyebutkan, tiga jembatan yang dibangunnya ini diharapkan bisa menjadi ikon di Kecamatan Matraman.

Menurut Budi, satu jembatan yang direhab total itu desainnya berbeda dengan jembatan yang ada di Jakarta Timur. Jembatan tersebut akan memiliki estetika yang indah dan menarik.

“Jembatan akan menjadi ikon di Matraman. Karena lantainya dibuat dengan menggunakan bahan beton yang didesain dengan motif menarik. Kemudian rallingnya juga akan dipercantik,” bebernya.

Dia mengungkapkan, proses pembangunan tiga jembatan ini akan dimulai Senin pekan depan. Pembangunan diharapkan kelar sesuai jadwal, selama 45 hari kerja.

“Jembatan yang direhab total pondasinya akan diperbaiki. Karena hasil penelitian sudah selayaknya diganti, perlu diperkuat struktur bawahnya,” pungkas Budi. (hop)