Kastara.id, Jakarta – Osman Sapta Odang atau Oso dipilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Partai Hanura dalam Musyawarah Naaional Luar Biasa yang berlangaung di Gedung DPP Partai Hanura yang baru di Jalan Mabes Hankam, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis dinihari (23/12).

Dalam Munas Luar Biasa Partai Hanura yang sekaligus HUT Ke-10 ini menempatkan pendiri partai Hanura Wiranto sebagai Ketua Dewan Pembina. Osman Sapta yang juga Wakil Ketua MPR RI ini mengaku kaget menerima kepercayaan sebagai Ketua Umum Hanura. “Saya belum hilang kagetnya dari tadi gemetaran karena belum pernah pimpin partai sebesar ini,” kata Oso dalam pidatonya setelah dipilih aecara aklamasi.

Lebih jauh lelaki kelahiran Kayong Utara, Kalimantan Barat ini mengatakan, dirinya hingga hari ini masih sebagai wakil ketua MPR. Dan sebelumnya Hanura belum ada wakil Ketua MPR. “Sejak ini hari saya bisa katakan Wakil Ketua MPR adalah Hanura,” ujarnya.

Diakui Oesman Sapta, sebelum ke Munaslub dirinya sempat menemui Mbah Moen di Jateng. “Saya ke sini saya sempat menemui orang tua di Jateng yang namanya Mbah Moen. Saya bilang, Mbah Moen saya akan bergabung ke Hanura,” katanya.

Oso juga mengaku mendapat dukungan dari relannya di DPD. Bahkan menurutnya beberapa anggota DPD akan ikut gabung di Hanura. “Sahabat saya di DPD, terutama saudara Pasek dari Bali. Andai kata saya di Hanura mau gabung, jawabannya mau. Ini saudara Pasek adalah orang pertama yang menyuruh saya gabung ke Hanura. Kemudian ada sembilan anggota DPD dari sembilan daerah atau sembilan provinsi yang menyatakan dirinya di DPD untuk bergabung dengan Hanura, Begitu saya di sini menjadi 13 provinsi,” katanya.

Selain itu, menurut Oso, ada pesan dari Anas Urbaningrum dari Sukamiskin memerintahkan pengikutnya untuk gabung ke Hanura. “Kita hanya bisa melebihi dari jumlah suara yang pernah kita dapat sekarang ini bilamana kita bersama seperti Hanura menyelesaikan pekerjaan ini hari. Sangat musyawarah dan mufakat. Maka izinkanlah mulai ini hari. Ini hari adalah hari kebangkitan Hanura,” ujarnya.

Sementara Sekretaris Jenderal Partai Hanura Berliana Kartakusuma mengatakan alasan memilih Oesman Sapta Odang atau OSO karena pertama Oso mempunyai leadership yang bagus. “Kedua, figur Bang Oso sudah dikenal luas oleh masyarakat,” kata Berliana. (arya)